BAWASLU RI GELAR RAKORNAS PENGAWASAN PEMILU DI LAMPUNG

 29/03/2018  12:57 WIB - Berita Terkini    53
Post

Bawaslu­­_Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Lampung menjadi tuan rumah kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Pengawasan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. Sheraton Hotel, Bandar Lampung (28-30/03/18).

Kegiatan Rakor ini diselenggarakan oleh Bawaslu RI yang dihadiri oleh seluruh Bawaslu Provinsi se-Indonesia. Turut hadir sebagai Narasumber Ketua DKPP RI
Dr. Harjono, S.H., MCL, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ir. Fandi Utomo dan dihadiri oleh seluruh Anggota Bawaslu Provinsi se-Indonesia
Sebelum dimulainya acara, Ketua Bawaslu Lampung diberi kesempatan untuk menyampaikan sambutan sebagai tuan rumah Rakornas tersebut.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, S.H.I., M.H mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Bawaslu RI kepada Bawaslu Lampung terhadap pelaksanaan Rakornas kali ini Lampung manjadi tuan rumah.

“Ini sebuah kehormatan yang sangat baik, semoga dengan berkumpulnya semua Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi se-Indonesia, Ketua DKPP dan Komisi II DPR RI ini menjadikan energi positif, energi tambahan bagi kita semua dalam melalukan tugas-tugas Pengawasan baik Pilkada 2018 yang saat ini tengah memasuki tahapan kampanye dan Pemilu 2019 mendatang”ujar Fatikhatul Khoiriyah.

Selain itu Khoir (sapaan Fatikhatul Khoiriyah) menambahkan Bawaslu Lampung khususnya saat ini manjadi salah satu daerah dari 171 wilayah di Indonesia yang melaksanakan Pemilihan yaitu Pilgub Lampung serta Pilbup Kabupaten Lampung Utara dan Tanggamus. Oleh karena itu dengan adanya Rakornas ini akan manambah kemapuan kita, keberanian kita semua dalam melakukan giat-giat yang sifatnya masif tentang pengawasan secara langsung juga tentang bagaimana penyelesaian pelanggaran pemilu, sehingga dapat menghadirkan pemimpin yang baik dan mewujudkan Pemilihan yang lebih Berintegritas.

Fatikhatul Khoiriyah juga mengungkapkan bahwa sebelum Rakornas ini dilakukan pihaknya sudah melakukan bersih-bersih alat peraga kampanye (APK) liar di Provinsi Lampung yang  dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota setelah melakukan pertemuan dengan Liasion Officer (LO) pasangan Calon Gubernur Lampung-Wakil Gubernur Lampung beberapa waktu lalu.
     

Rakornas dipimpin dan dibuka langsung oleh ketua dan Anggota Bawaslu Abhan, S.H, Mochammad Afifuddin, S.Th.I., M.Si, Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH, MH, Rahmat Bagja, SH. LL. M dan Fritz Edward Siregar, SH, LL.M PhD. Sambutan awal disampaikan oleh  Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, S.Th.I., M.Si sekaligus Koordinator Divisi Pengawasan & Sosialisasi, ia meminta kepada seluruh pengawas Pemilu di daerah baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/kota dan tingkat desa untuk tidak tebang pilih dalam menjalankan tugas pengawasan dan menegakan keadilan Pemilu khususnya.

“Pengawas Pemilu harus tegas, netral dan professional dserta jangan takut dicibir jika yang dilakukan ialah kebenaran, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya tanpa ada keraguan jika hal tersebut benar yang harus dimiliki dan dijunjung tinggi sebagai Pengawas Pemilu” tegas Afif.

Dalam kesempatan tersebut, Afif mengungkapkan Bawaslu semaksimal mungkin terus menjalin kerja sama dengan semua pihak untuk menopang tugas-tugas Bawaslu dalam mewujudkan Pilkada dan Pemilu yang demokratis. Tentunya kita ajak semua pihak terlibat dalam pesta demokrasi ini. Bawaslu juga terus menyerukan kepada masyarakat secara luas untuk memberikan partisipasinya dalam pengawasan partisipatif.

Selanjutnya Ketua DKPP RI Harjono mengatakan bahwa  Pemilu merupakan Penyelenggara pemilu yang tugasnya lebih signifikan mengarah ke bagian pengawasan, untuk itu jelas sesuatu (pemilihan) yang dilaksanakan harus terpantau dan diawasi dengan maksimal. Karena penyelenggara harus bersikap netral pada semua lapisan dan unsur. Oleh karena itu Penyelenggara Pemilu harus menjalankan tugasnya dengan baik.

“Penyelanggara jangan sampai melanggar janji yang telah diucapkan saat pertama menjabat, semua harus menjaga professionalitas. Kita dipercaya tidak lain hanya untuk menuntaskan Pilkada dan Pemilu berjalan sukses hingga berbuah pemilihan yang demokratis dan dicintai oleh masyarakat,” terang Harjono.

Dalam arahannnya Ketua Bawaslu RI menegaskan bahwa diselenggarakannya Rakornas ini merupakan salah satu bentuk pelaksana tugas dan wewenang kita semua sebagai pengawas Pemilu untuk senantiasa menjalankan tugas-tugas pengawasan secara masif, tanpa adanya menunda, tanpa ragu, tanpa takut. Jika terdapt pelanggran maka segeralah dilaporkan dan ditindaklanjuti.

#BawasluMengawasi
#SalamAwas

Penulis/Foto: Ricky 


Shared on :

PRESS RELEASE POPULER

Undangan Pelantikan Panwas Kab/kota

Sehubungan akan dilaksanakan pelantikan Panwas Kabupaten/kotan ...

16/04/2015 09:03 WIB

PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON ANGGOTA PANWASLU KABUPATEN/KOTA

TIM SELEKSI PANWASLU KABUPATEN/KOTA SE PROVINSI...

10/06/2017 12:55 WIB

Pengumuman Hasil Uji Panitia Pengawas Kab Pesisir Barat

PENGUMUMAN HASIL UJI KEPATUTAN DAN KELAYAKAN
CALON ANGGOTA PANITIA PENGAWAS
KABUPATEN ...

13/04/2015 05:36 WIB

VISITOR

Counter Visitor Sederhana
Informasi Pengunjung :
54.198.122.70 (IP Anda)

Hari Ini :
Total :