JELANG MASA KAMPANYE, BAWASLU GELAR APEL PENERTIBAN ALAT PERAGA SOSIALISASI

 13/02/2018  10:00 WIB - Bawaslu    121
Post

Bawaslu­_Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Lampung melaksanakan Apel Penertiban Alat Peraga Sosialisasi Bakal Pasangan Callon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Tahun 2018. Apel dilaksanakan dihalaman Lampu Merah depan Masjid Al-Furqon Bandar Lampung.  

Apel dilaksanakan usai Bawaslu Lampung menghadiri Rapat Pleno Penetapan calon yang berlangsung dipagi hari. Apel dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU, Pasangan Calon, Tim pasangan calon, Ketua PWNU Lampung, Pengurus Muhammadiyah Panwaslu Kota Bandar Lampung, Tokoh adat, Tokoh Masyarakat, Kesbangpol, Satpol PP dan Pimpinan Partai Politik Provinsi Lampung.


Dalam Sambutannya Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah mengatakan bahwa Apel ini merupakan bentuk kesriusan kita dalam melaksanakan perintah Undang-Undang yang mengharuskan adanya penertiban Alat Peraga Sosialsasi yang memuat poto dan nama bakal pasangan.  

Hal ini tentu menjadi perhatian kita semua sebagai penyelanggara, terlebih kami sebagai pengawas pemilu, yang ingin menjadikan Pilkada 2018 bersih dan terhindar dari praktek kecurangan dan pelanggaran. Untuk itu semua alat peraga Sosialisasi harus diturunkan sebelum dilaksanakan masa Kampanye (15 februari 2018), karena sebagaimana amanat Undang-Undang 10 tahun 2016, Undang-Undang 7 tahun 2017 serta PKPU dan Perbawaslu bahwa Alat Peraga Kampanye difasilitasi oleh KPU.  

Penertiban alat peraga sosialisasi ini tidak hanya berlaku di Kota melainkan diseluruh wilayah Provinsi Lampung. Untuk itu Bawaslu mengharapkan kerjasama seluruh jajaran pemangku kepentingan untuk ikut andil dalam kegiatan tersebut, dengan harapan hal ini menjadi cerminan pelaksanaan Pilkada bersih, akuntabel dan berkualitas.  

“Kita targetkan tanggal 14 Februari 2018 semua alat peraga sosialisasi atau yang sering disebut sebagai alat peraga kampanye sudah ditertibkan. Bukan berarti pemerintah/calon tidak boleh sosialisasikan programnya. Boleh saja, namun yang boleh dipasang kepala daerahnya/calon yang sudah ditetapkan menjadi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, dan memang sudah menjadi ketentuan Undang-Undang bahwa KPU yang memiliki kewenangan memfasilitasi AKP tersebut” ujar Khoir sapaan ketua Bawaslu Lampung.  

Usai digelarnya Apel, Ketua dan Anggota Bawaslu Lampung ikut serta turun secara langsung melakukan Penertiban Alat Peraga Sosilasasi Bakal Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur. Penetiban pertama dilakukkan di halaman Bundaran lungsir (depan masjid Al-Furqon) Bandar Lampung. Penertiban alat peraga tersebut disaksikan dan diikuti oleh Ketua dan jajaran KPU, Pasangan calon dan Tim Paslon serta instansi terkait.  

Bawaslu Lampung memastikan Penertiban Alat Peraga Sosialisasi berlangsung untuk semua pasangan calon. Setelah menurunkan alat peraga sosialiasi di halaman Bundaran Lungsir, tim juga melakukan penertiban alat peraga paslon yang terpasang di depan halaman kantor Walikota. Hingga mejelang petang (magrib) jajaran Bawaslu Lampung tetap melaksanakan Penertiban Alat Peraga Sosialisasi. Jajaran KPU Lampung, Panwaslu Kota Bandar Lampung, P3i dan tim Kerbangpol serta Satpol PP juga turut berpartisipasi dalam penertiban tersebut.  

Penertiban Alat Peraga Sosialisasi bakal pasangan calon Gubernu dan wakil Gebernur Lampung 2018. Bawaslu Lampung mengapresiasi antusias stakeholder juga khususnya Satpol PP, Kesbangpol, Pasangan calon dan tim paslon yang secara bersama-sama melakukan penertiban alat peraga sosialisasi hingga petang. Dalam hal ini Bawaslu juga menginstruksikan kepada jajaran Panwas Kabupaten yang juga akan melaksanakan Pilkada, seperti Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Tanggamus agar malakukan hal yang sama didaerahnya.
 

Selain itu Bawaslu Lampung juga menghimbau kepada seluruh media massa, cetak dan elektronik agar menertibkan Alat sosialiasasi bakal Pasangan calon yang termuat dilaman media cetak seperti koran, juga yang dimuat dalam radio atau televisi. Sebelumnya Bawaslu Lampung juga telah menerbitkan dan mengirim surat edaran tentang pencegahan masa kampanye kepada semua Bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung. Untuk itu diharapakan semua media dapat mengindahkan peraturan yang sudah menjadi pedoman kita bersama dalam implementasi Pelaksanaan tahapan Pilkada secara taransaparan, bersih dan akuntabel.  
 

Selanjutnya Ketua Bawaslu Lampung menginformasikan dan mengundang kepada seluruh Pasangan calon untuk bersama-sama mengikuti acara Deklarasi TOLAK & LAWAN POLITIK UANG DAN POLITISASI SARA yang akan dihelat pada 14 februari 2018.

#BawasluMengawasi 
#salamawas 
#bawasluri
 

Penulis: Ricky


Shared on :

PRESS RELEASE POPULER

Undangan Pelantikan Panwas Kab/kota

Sehubungan akan dilaksanakan pelantikan Panwas Kabupaten/kotan ...

16/04/2015 09:03 WIB

PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON ANGGOTA PANWASLU KABUPATEN/KOTA

TIM SELEKSI PANWASLU KABUPATEN/KOTA SE PROVINSI...

10/06/2017 12:55 WIB

Pengumuman Hasil Uji Panitia Pengawas Kab Pesisir Barat

PENGUMUMAN HASIL UJI KEPATUTAN DAN KELAYAKAN
CALON ANGGOTA PANITIA PENGAWAS
KABUPATEN ...

13/04/2015 05:36 WIB

VISITOR

Counter Visitor Sederhana
Informasi Pengunjung :
54.198.122.70 (IP Anda)

Hari Ini :
Total :