MOCH. AFIFUDDIN HADIRI RAKOR VERIFIKASI FAKTUAL PARPOL DI LAMPUNG

 11/12/2017  08:26 WIB - Berita Terkini    316
Post

Bawaslu_Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Lampung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) "Pengawasan Tahapan Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 di Provinsi Lampung" selama 3 hari, mulai tanggal 8 sampai dengan 10 Desember 2017, di Hotel Sheraton Bandar Lampung.

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, S.TH.I., M.Si hadir sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut. Turut hadir juga Tim Asistensi Bawaslu RI Bidang Pengawasan dan Sosialisasi Muhammad Zaid, S.S sebagai narasumber, selain itu Anggota KPU Provinsi Lampung Muhammad Tio Aliansyah, S.H., M.H dan Ketua dan Anggota Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, S,H.I., M.H dan Iskardo P. Panggar, S.H., M.H. Sedangkan peserta pada kegiatan rakor tersebut adalah ketua dan anggota Panwaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.  

Dalam sambutannya Anggota Bawaslu RI, Afifuddin mengatakan bahwa sebentar lagi kita akan dihadapkan dengan Pilkada 2018, namun tahapan Pilkada juga berbarengan dengan tahapan untuk Pileg 2019, yaitu masalah Partai Politik peserta pemilu. Hal ini tentu menjadi beban berat kita untuk melaksanakan kerja-kerja pengawasan. Tugas yang kita emban masalah pengawasan sebenarnya bisa dibilang berat, manakala contohnya jika ada calon perseorangan pada Pilgub atau Pilbup. Di Lampung sendiri informasi yang saya terima tidak ada calon perseorangan, hal ini tentu menjadi sebuah catatan mengapa tidak ada calon perseorangan, meskipun secara tidak langsung mengurangi beban tugas dalam pengawasannya. Namun kedepan calon dari partai politik juga tidak kalah penting dan sangat krusial terjadi pelanggaran.

“Dalam melakukan pengawasan kita tidak perlu takut-takut, karena kita merupakan lembaga politik yang sah dan dilindungi hukum, untuk itu dalam malaksanakan pengawasan Verifikasi faktual parpol dibutuhkan kejelian dan keberanian untuk mengungkap pelanggaran yang terjadi pada parpol tersebut misalnya” tegas Afif.

Selain itu menurutnya orientasi kekusaan yang kita pegang sebagai pengawasa pemilu harus betul-betul dijalankan semkasimal mungkin dan tentunya sesuai prosedur yang ada, sesuai dengan kaidah undang-undang.

Selanjutnya narasumber kedua Muhammad Zaid, S.S menjelaskan terkait verifikasi faktual partai politik tidak bisa dipisahkan dari Alat kerja Pengawasan (AKP) yang sudah ada dan sesuai Surat Edaran yang dibuat oleh Bawaslu. Setidaknya ada 4 point yang harus diperhatikan pada Verifikasi Faktual  Parpol tersebut, diantaranya 1. Akurat, akurat artinya secara langsung baik secara prosedur dan kelembagaan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya sehingga tidak ada kesalahan dalam keterangan terkait verifikasi faktual. 2. Mutakhir, artinya informasi yang didapat sesuai dengan data yang ada di sistem partai politik, informasi terakhir yang berkelanjutan dan dapat dipertanggungjawabkan. 3. Komprehensif, dilakukan secara menyeluruh baik data dan fakta dilapangan pada saat dilakukan pencocokan keanggotaan partai, sehingga memuat yang berhak dan membuang yang tidka berhak. Kemudian yang ke 4. Transparansi, keterbukaan pada sistem yang digunakan dan menyampaikan serta menerima masukan dari semua pihak.  


“Alat kerja pengawasan harus menggunakan standar panduan, standar alat pengumpulan informasi bagi masing-masing daerah, standar pelaporan dalam pemilu serta alat evaluasi kinerja pengawasan dan pelaporan berjenjang. Semua ini mengacu pada PKPU dan Perbawaslu yang ada” terang Zaid.    

Materi selanjutnya disampaikan oleh Anggota KPU Lampung Muhammad Tio Aliansyah, S.H., M.H bahwa Verifikasi Faktual partai politik di tingkat KPU Provinsi untuk kepengurusan dilakukan pada 15 sapai dengan 21 desember 2017, penyampaian hasil vertual kepengurusan 22 hingga 23 desember 2017 dan perbaikan terhadap hasil vertual oleh parpol 24 hingga 28 desember 2017. Sedangkan penyampaian berita acara hasil virtual tingkat provinsi mulai 1 sampai 3 januari 2018.

“Ketentuan tersebut merupakan jadwal yang sudah menjadi kesepakatan KPU pusat. KPU Provinsi Lampung melakukan verifikasi faktual setelah menerima dokumen hasil penelitian administrasi partai politik. Hal ini dilakukan unutk membuktikan keabsahan dan kebenaran persyaratan partai politik peserta pemilu” tegas Tio.

Selanjutnya anggota Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar, S.H., M.H mengatakan terkait vertual partai politik yang dilakukan oleh KPU menjadi tanggung jawab kita juga sebagai pengawas pemilu untuk memastikan apakah seberapa absah keanggota parpol tersebut ketika diverifikasi.

“Kita tentu menggunakan metode dan dokumen yang akurat dalam melaksanakan pengawasan terkait vertual parpol yaitu dengan AKP yang telah disampaikan Bawaslu pusat. Untuk itu penting kiranya semua Panwas Kabupaten/Kota untuk lebih teliti dan menindaklanjuti jika terdapat ketidaksesuaian data parpol” terang mantan Ketua KPU Kabupaten Way Kanan itu.

Senada disampaikan oleh Ketua Bawaslu Lampung bahwa proses vertual ini menjadi tanggungjawab bersama untuk melihat kebenaran partai politik peserta pemilu, apalagi pada tahapan ini merupakan proses terakhir untuk memastikan keakuratan partai politik.

“Semua harus memaksimalkan kinerja dengan membiasakan kejelian dalam melakukan pengawasan, tanpa takut jajaran Pengawas memiliki tanggungjawab untuk memastikan verifikasi parpol sesuai dengan PKPU dan Perbawaslu” tegas Khoir sembari mengakhiri paparan dan menutup rakor.    

#salamawas
“Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”  

Penulis/Foto: Ricky 


Shared on :

PRESS RELEASE POPULER

PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON ANGGOTA PANWASLU KABUPATEN/KOTA

TIM SELEKSI PANWASLU KABUPATEN/KOTA SE PROVINSI...

10/06/2017 12:55 WIB

Undangan Pelantikan Panwas Kab/kota

Sehubungan akan dilaksanakan pelantikan Panwas Kabupaten/kotan ...

16/04/2015 09:03 WIB

Pengumuman Hasil Uji Panitia Pengawas Kab Pesisir Barat

PENGUMUMAN HASIL UJI KEPATUTAN DAN KELAYAKAN
CALON ANGGOTA PANITIA PENGAWAS
KABUPATEN ...

13/04/2015 05:36 WIB

VISITOR

Counter Visitor Sederhana
Informasi Pengunjung :
54.166.228.35 (IP Anda)

Hari Ini :
Total :