"POJOK PENGAWASAN" SARANA MASYARAKAT DISKUSIKAN PEMILU

 20/11/2017  02:52 WIB - Berita Terkini    66
Post

Bawaslu_Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Lampung resmi memiliki akses Pengawasan Pemilu Partisipatif atau disebut sebagai "POJOK PENGAWASAN" sebagai sarana pelaksanaan pengawasan secara partisipatif bersama stakeholders. 

Anggota Bawaslu RI Fritz Edwar Siregar, S.H., LL.M., Ph.D bersama Ketua dan Anggota Bawaslu Lampung secara resmi memotong tali pita (Launching) tanda diresmikannya Pusat Pengawasan Partisipatif/Pojok Pengawasan, yang berlangsung di lingkungan Kantor Sekretariat Bawaslu Lampung. (17/11/17).
   

Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, S.H.I., M.H Menegaskan bahwa terbentuknya Pojok Pengawasan ini merupakan hasil rekomendasi Rapat Kerja Teknis Pusat Pengawasan Partisipatif pada 8 sepetember 2017 yang lalu. Dengan harapan menjadi refleksi pelembagaan peran masyarakat dan jajaran pemangku kepentingan dalam mewujudkan iklim kepemiluan yang LUBER dan JURDIL. 

"ini merupakan bentuk keseriusan kita dalam melakukan pengawasan Pemilu/Pemilihan secara langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil. Dan tentunya mengharapkan peran aktif massyarakat untuk mewujudkan iklim kepemiluan secara demokratis dan berkualitas" tegaas Khoir sapaan Fatikhatul. 

Sementara Anggota Bawaslu RI Fritz Edwar Siregar, S.H., LL.M., Ph.D mengatakan bahwa Bawaslu memerlukan partisipasi masyarakat dalam penegakan pengawasan pemilu. Sebab, tidak semua hal dapat terpantau oleh Bawaslu. Tidak hanya sekedar tahu, tapi mengetahui hak dan kewajiban.

"Pojok Pengawasan memberikan hak akses kepada teman-teman, itu dalam rangka membuat teman-teman yang ingin tahu Bawaslu dan pengawasan didapatkan. Dengan akses ini tentunya masyarakat didorong untuk tidak malu-malu lagi untuk bercerita/mengadu tentang pelanggaran pemilu" terang Fritz.

Hal senada disampaikan oleh Anggota Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar, S.H., MH yang membidangi Koordinator Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga (PHL) mengatakan Pojok Pengawasan Pemilu nantinya diharapkan menjadi tempat bagi masyarakat Lampung, Ormas/LSM dan media massa, terutama dalam memberikan berbagai informasi baik pengaduan atau laporan yang terkait dengan pelaksanaan pemilu.

"Yang jelas semua harus ikut andil dalam pemilu, terlebih dalam mengawasinya. Dalam hal ini media massa dan khalayak diberikan akses seluas-luasnya untuk berdiskusi masalah kepemiluan" papar Iskardo.

#SALAMAWAS
"Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu"
 


Shared on :

PRESS RELEASE POPULER

Undangan Pelantikan Panwas Kab/kota

Sehubungan akan dilaksanakan pelantikan Panwas Kabupaten/kotan ...

16/04/2015 09:03 WIB

Pengumuman Hasil Uji Panitia Pengawas Kab Pesisir Barat

PENGUMUMAN HASIL UJI KEPATUTAN DAN KELAYAKAN
CALON ANGGOTA PANITIA PENGAWAS
KABUPATEN ...

13/04/2015 05:36 WIB

PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON ANGGOTA PANWASLU KABUPATEN/KOTA

TIM SELEKSI PANWASLU KABUPATEN/KOTA SE PROVINSI...

10/06/2017 12:55 WIB

VISITOR

Counter Visitor Sederhana
Informasi Pengunjung :
54.221.73.186 (IP Anda)

Hari Ini :
Total :