KLARIFIKASI DUGAAN BAIAT/SUMPAH ASN TERHADAP BALON GUBERBUR LAMPUNG

 18/10/2017  02:48 WIB - Berita Terkini    192
Post

Bawaslu_Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Lampung melakukan sidang Klarifikasi terkait dengan video yang beredar dimedia sosial dan Informasi yang disampaikan oleh Koalisi Titah Bersiger terkait peristiwa pembaiatan/sumpah yang dilakukan untuk memilih dan memenangkan seseorang pada pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2018.  

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dugaan pelanggaran video baiat atau sumpah dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Lampung Tengah untuk memenangkan salah satu bakal calon Gubernur Lampung tahun 2018 mendatang. ASN yang dimaksud adalah Rosidi, S.Sos. turut hadir sebagai saksi Theni Vandra, S.E (lurah Bandar Jaya Barat), Syamsudin (Kepala Lingkungan) dan Suherman (Ketua RT 02 Bandar Jaya). Dalam siding klarifikasi tersebut Bawaslu Lampung mengajukan beberapa pertanyaan seperti Kapan Kejadian ini terjadi, dan bagaimana Kronologis Informasi yang didapat terjkait dugaan pelanggaran ini terjadi pada bulan Agustus 2017?, Apakah sumpah tersebut telah dibuat atau spontanitas? Sosialisasi yang Bapak lakukan adalah Program Bupati atau Program Gubernur? sebagaimana penjelasan ybs. Rosidi, S.Sos dalam Berita Acara Klarifikasi, menerangkan bahwa:

“Persisnya saya Lupa, sekitar Bulan Agustus, dan saya menghubungi Pak Supri untuk membantu saya mengenai acara Sosialisasi Ijin Usaha Gratis, dan saya juga menghubungi Pak Jumali karena beliau terlibat jika akan menjalankan Program Usaha Gratis, yang saya ucapkan dalam acara tersebut adalah mengenai kondisi lingkungan yang dengan menjabatnya Bpk Mustafa Wilayah Lampung Tengah semakin membaik dan tingkat kejahatan semakin menurun, kemudian saya menyampaikan bahwa pemerintah daerah mempunyai program Kece yang didalamnya terdapat program yang menggratiskan ijin usaha para warga, dan masyarakat mengatakan bahwa akan mendukung Pak Mustafa yang akan maju di Pilgub 2018 maka saya bercanda bahwa periode Pilgub 2014 Terbanggi Kalah suara untuk Pak Mustafa dan warga siap disumpah hingga akhirnya terjadilah Sumpah tersebut kemudian dikarenakan permintaan peserta sosialisasi. Sumpah tersebut hanya sepontanitas. Program Bupati, dalam instruksi Bupati yang mengharuskan setiap dinas untuk kreatif maka kami membuat Program untuk ijin Usaha Gratis” terang Rosidi.  

Sidang dugaan pelanggaran ini dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, S.H.I., M.H  didampingi Iskardo P. Panggar, S.H., M.H dan Adek Asy’ari, S.IP, di Kantor Sekretariat Bawaslu Provinsi Lampung, Rabu (18/10).

Sebagai lembaga pengawas pemilu, Bawaslu Lampung telah melaksanakan kewajiban untuk melakukan klarifikasi dugaan pelanggaran. Dalam hal ini terkait dugaan pelanggaran Bawaslu selanjutnya akan mengkaji apakah dugaan pelanggaran tersebut telah memenuhi unsur dugaan pelanggaraan pemilu atau tidak sebagaimana ketentuan perundang-undangan. 


Shared on :

PRESS RELEASE POPULER

Undangan Pelantikan Panwas Kab/kota

Sehubungan akan dilaksanakan pelantikan Panwas Kabupaten/kotan ...

16/04/2015 09:03 WIB

Pengumuman Hasil Uji Panitia Pengawas Kab Pesisir Barat

PENGUMUMAN HASIL UJI KEPATUTAN DAN KELAYAKAN
CALON ANGGOTA PANITIA PENGAWAS
KABUPATEN ...

13/04/2015 05:36 WIB

PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON ANGGOTA PANWASLU KABUPATEN/KOTA

TIM SELEKSI PANWASLU KABUPATEN/KOTA SE PROVINSI...

10/06/2017 12:55 WIB

VISITOR

Counter Visitor Sederhana
Informasi Pengunjung :
54.221.73.186 (IP Anda)

Hari Ini :
Total :